Hemodialisa

Memberikan pelayanan hemodialisa (cuci darah) bagi pasien rawat jalan dan rawat inap dengan dukungan dokter sub-spesialis ginjal dan hipertensi (dewasa maupun anak), dokter umum yang berpengalaman, dan perawat yang bersertifikat. Keamanan pasien merupakan tujuan utama layanan kami sehingga kondisi pasien dimonitor dengan pemeriksaan laboratorium sebelum melakukan hemodialisis. Proses hemodialisis dilakukan menggunakan saringan darah/filter sekali pakai untuk mencegah transmisi penyakit menular melalui darah (contohnya hepatitis dan HIV).

Kenyamanan pelayanan diwujudkan dengan ruang dialisis modern yang terpisah untuk menjaga privasi setiap pasien. Unit ini didukung pula dengan hadirnya fasilitas mesin hemodialisis terkini yang dapat mengukur tingkat adekuasi hemodialisis setiap kali pasien menjalani terapi hemodialisis. Selain itu, mesin dilengkapi juga dengan ABPM (ambulatory blood pressure monitoring) untuk mengukur tekanan darah, endoktoksin filter untuk menghindari efek menggigil pada pasien, dan juga dengan dialyzer khusus untuk mengurangi masalah penyebaran darah yang tidak merata.

Selain ruang dialisis untuk pasien reguler, di masing-masing unit hemodialisis RSCHB juga memiliki kamar isolasi khusus untuk pasien dengan penyakit menular (hepatitis B, hepatitis C, dan HIV). Unit hemodialisis kami juga menerima pasien anak dan ditunjang sistem informasi digital terintegrasi, yang membuat rekam medis kunjungan pasien tercatat secara digital dan dapat diakses di seluruh jaringan RSUD Dr. H. Chasan Boesoirie.